Wacana Full Day School dan Eksisnya Menteri Baru

Selamat kepada #Mendiknas yang telah membuat publik tidak fokus lagi membahas masa lalu tentang kenapa Bapak #AnisBaswedan diganti.

Isu #FullDaySchool telah sukses membuka mata publik bahwa sekarang ada menteri baru yang bernama Prof Dr Muhadjir Effendy. Dan selanjutnya, kita harus fokus mendiskusikan masa depan bersama menteri baru tersebut.

Jika publik, termasuk para pendidik terlalu lama dalam suasana galau tentu tidak bagus bagi kualitas anak didik dikemudian hari. Apalagi menurut ilmu kesehatan, galau terlalu lama berbahaya bagi kesehatan karena dapat menciptakan plak pada otak yang lama kelamaan dapat memicu penyakit Alzheimer.

Foto: www.thegradstudent.com

Foto: www.thegradstudent.com

Makanya wacana tentang kenapa Pak Anis pergi harus segera diakhiri agar para guru kembali fokus mendidik siswanya menjadi manusia yang lebih sempurna.

Sistem sekolah dari pagi sampai sore masih membutuhkan waktu yang panjang untuk bisa diimplementasikan, tapi respon publik seperti program tersebut akan menjadi nyata esok pagi ketika kita bangun tidur.

Konsep Full Day School masih perlu kajian panjang sebelum diaktualkan. Misalnya, terkait hak anak untuk menikmati jam bermain secara bebas, kualitas guru, sarana dan prasarana sekolah, waktu guru untuk keluarganya, tidak semua orang tua bekerja, dll.

Secara argumen Pak Menteri Muhajir masih lemah karena belum berbasis pada kajian ilmiah, tapi disisi yang lain, wacana Full Day School telah membuat Pak Muhajir dibahas dimana-mana, dari pejabat sampai penjual sayur, dari mahasiswa doktoral sampai anak yang baru mau masuk SD, maka Pak Muhajir telah sukses besar dengan wacana ini.

Foto: www.mpsaz.org

Foto: www.mpsaz.org

Jadi selamat atas jabatan baru Pak Menteri, semoga bisa bekerja lebih baik dengan menjadikan pendidikan sebagai ruang untuk memanusiakan manusia, bukan mencetak robot pekerja tanpa jiwa.

Silahkan menjadi aktor penting dan pemimpin dalam dealektika wacana idealitas pendidikan negeri ini, baik di dunia maya maupun di dunia nyata, karena terhitung sejak 27 Juli 2016 anda sudah disumpah dan digaji sebagai pelayan rakyat Indonesia di bidang pendidikan.

 

Wujudkan

Sekolah Manusia

Guru Manusia

Untuk terciptanya Republik Manusia

salam www.republikmanusia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *