Tuan Politisi Matilah seperti Mandela

Sejatinya, kematian Mandela dilarang oleh banyak orang. Kenapa dilarang?
Karena usia satu orang Mandela memberi manfaat pada jutaan orang di dunia. Bukan sebaliknya,seperti banyak politisi.  Usianya memberi keresahan dan kemiskinan pada jutaan orang.

Wahai tuan politisi yang mulia.
kematian Mandela menciptakan kesedihan. Bukan hanya untuk keluarganya, bukan hanya untuk yang satu suku dengannya, bukan hanya untuk satu negara dengannya, bukan hanya untuk yang satu benua dengannya, tapi kesedihan untuk yang satu bumi dengannya. Bahkan para malaikat pun bersedih atas kematiannya.

Wahai tuan politisi yang mulia.
Pastilah anda menginginkan kematian ala Mandela yang di tangisi jutaan manusia. Dari ujung utara sampai ujung selatan semua berduka atasnya. Tangisan itu menembus sekat SARA, tangisan itu menembus fitrah gender, tangisan itu melewati usia individu.

anak kecil berfoto di depan patung Mandela (foto: www.bbc.co.uk)

anak kecil berfoto di depan patung Mandela (foto: www.bbc.co.uk)

Wahai tuan politisi yang mulia.
Masih ada waktu untukmu berbuat seperti atau mendekati Mandela.

Kendalikan dirimu, dan arahkanlah hidupmu untuk kehidupan banyak orang. Jangan terlalu banyak menceritakan kelebihan dirimu. Janganlah haus akan citra dirimu. Biarlah itu menjadi tafsiran masing-masing rakyat.  Kebaikan akan dicintai dan pelakunya akan diidolakan. Itu adalah  hukum dasar kesadaran manusia.  Makanya janganlah habiskan waktu memikirkannya. Karena relasi kemunculan idola dan fans adalah hal yang alamiah adanya.

Wahai tuan politisi yang mulia
Matilah seperti Mandela. Dimana kematiannya membuat jutaan manusia merenung. Begitu hebatnya manusia Mandela dan begitu hebatnya ZAT yang telah menciptakan Mandela.

Wahai tuan politisi yang agung.
Mandelakanlah dirimu. Lawan nafsu kebinatanganmu yang semu itu. Rasakanlah derita rakyatmu, datangilah kepedihannya. Kemudian buatlah kebijakan untuk mengakhirinya.

Wahai tuan politisi yang mulia

Besarlah engkau karena karya-karyamu, sebagaimana Mandela contohkan. Bukan seolah besar karena penjilat disekelilingmu.
Salam Mandela
Untuk mu wahai tuan Politisi

Salam
Republikmanusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *