Syarkawi Rauf Musuh Abadi Pengusaha Nakal

Dulu tak banyak yang mengenal KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha). Setelah komando ada di tangan Ka Awi, demikian kami biasa menyapanya, KPPU semakin terpahami sebagai KPK-nya dunia usaha.

Dengan penguasaan ilmu ekonomi yang apik, kemampuan menulis, skill diplomasi, dan nyali diatas rata-rata membuatnya mampu menciptakan terobosan pada lembaga independen yang dipimpinnya. Syarkawi tidak memilih untuk menggerutu atas tidak maksimalnya wewenang KPPU yang dibunyikan dalam UU. Beliau memilih berkreasi pada ruang yang ada. Hasilnya, KPPU mampu menyidang dan memberi sanksi beberapa perusahaan besar yang terbukti berbisnis dengan cara yang diharamkan dalam UU, termasuk beberapa merek motor yang selalu ada di papan atas Moto GP.

Suksesnya program Presiden Jokowi terkait stabilitas harga 9 bahan pokok menjelang idul fitri kemarin juga tak lepas dari racikan kebijakan dan aksi beliau. Makanya, konon namanya sudah masuk sebagai salah satu menteri di edisi reshuffle kabinet selanjutnya.

Syarkawi Rauf dan KPPU telah menjadi kisah baru, bahwa etika, terutama etika bisnis bukan hanya menarik dibaca di teks book dan kitab suci, tapi dia hadir nyata agar dunia usaha tidak memilih hukum primitif, yang kuat memangsa yang lemah.

Intelektual yang cukup sering tulisannya di muat di Kompas ini juga merupakan pengader yang baik. Saat saya maba, 2002 silam, namanya cukup sering dibahas oleh senior yang merupakan murid-muridnya yang menjadi penjaga nilai-nilai kemahasiswaan. Secara fisik beliau sudah menetap di Jakarta waktu itu, untuk melanjutkan studi, namun gagasan dan aktivismenya masih didiskusikan di kampus merah.

Karena jejak pengaderannya yang kuat, maka saat beliau menikah begitu banyak yang sukarela menjadi panitianya. Saya termasuk yang menjadi pembawa undangannya (pattampa). Semacam aksi balas budi kepada guru dan upaya menyerap berkah pernikahan.

Jika anda ingin melawannya main domino ato main bulutangkis, saran saya sebaiknya latihan dengan baik dulu agar tidak mengalami derita yang tak perlu.
***
Beliau punya beberapa trik merawat dirinya, misalnya jika masuk hotel selalu memilih kamar yang dekat dengan mesjid/mushollah. Untuk konteks keamanan (self security), beliau tidak ke tempat keramaian, seperti mall jika sedang ada proses sidang yang ditangani KPPU. Beliau sudah kebal diteror mafia bisnis. Demikian cerita beliau di suatu waktu.

Jangan dipahami beliau hanya bisa menjelaskan tentang analisa ekonomi yang rumit, beliau juga memiliki tafsir atas falsafah cinta. Dalam buku kami “Mozaik Cinta:Revolusi Rumah Tangga Menuju Revolusi Sosial”, yang diterbitkan khusus sebagai sovenir pernikahan kami pada 2013 silam. Kanda Awi menyumbang juga tulisan berjudul “Cinta Aktivis”. Di sana beliau memaparkan bahwa kelak masyarakat dunia akan terbagi dua, yakni masyarakat cerdas yang berasal dari orang tua dengan gen cerdas dan masyarakat tulalit yang lahir dari orang tua dengan gen dibawah standar. Untuk suatu peradaban yang lebih baik, beliau mengusulkan aktivis sebaiknya menikah dengan sesama aktivis. Jiwa baik dengan jiwa yang baik. Lebih detail gagasan beliau tentang cinta dan aktivis bisa di download gratis disini.

Buku Mozaik Cinta


***
Untuk memahami lebih jauh apa pijakan dan motivasi Kanda Syarkawi sehingga menjadi pemimpin yang sukses dan disegani.
Bergabunglah bersama kami.

Pada Wisdom Sharing
Ikatan Alumni FE Unhas Jabotabek.

Terbuka untuk umum
Selagi kuota masih ada

Salam

Andi Zulkarnain

www.republikmanusia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *