Menuju Provinsi Sultim

Selain kekuatan persyaratan administrasi yg sangat lengkap, calon DOB Sultim diuntungkan dengan kualitas pemimpin yang mampu bekerja total untuk suatu mimpi.

Penjamuan pemerintah daerah sulteng dan pemda banggai kepada para senator/DPD RI yang sangat spesial telah memberi kesan tersendiri. Penjamuan ala pesta rakyat sejak dari bandara sampai ke kantor bupati, serta jamuan makan malam di bukit kasih sayang.

Saat, mengantar pulang, para pemimpin daerah, wagub sulteng, bupati wabup banggai, dll tidak bergeser dari landasan bandara sebelum ban pesawat berpisah dengan daratan.

Itulah akhlak politik. Cara loby yg melebihi ribuan kata.

Ketika kelak terjadi pertarungan gagasan dan politik ttg sultim di senayan dalam pembahasan triparti (pemerintah, DPD RI, DPR RI), setidaknya sdh ada pihak yg akan bersikap tegas.

***
Berikut, sebagian lirik lagu yang diciptakan pa sudarto (wagub sulteng) saat menjadi bupati Luwuk, yg seperti telah menjadi lagu wajib ketika ada acara daerah:

Kota luwuk, kota indah, kota kenangan
Disilah kutemukan kebahagaiaan…

***
Kota ini akan memiliki derajat yg sama seperti makassar, manado, palu, gorontalo, mamuju dan Palu sebagai ibukota provinsi.

Kota Luwuk ini sangat indah, menggabungkan sebagian keindahan Bogor, Bali. Juga ada suasana Hongkong dan Jepang, dll.

Sebagian penduduk meyakini, yang juga secara perlahan saya amini, bahwa sekiranya surga pernah bocor, maka disinilah tempatnya.

Sopir dari pemda yg mengantar, bercerita dg penuh semangat bahwa mobil yang saya tumpangi juga digunakan untuk mengawal Iwan Fals selama di Luwuk. Bang Iwan katanya sampai dua kali mandi di pantai. Saat sore belum puas karena ramai, maka malamnya turun lagi untuk meresapi keindahan laut Banggai.

***
Salah satu pintu penting kemajuan daerah adalah anggaran. Konon cara paling ampuh membawa dana pusat ke daerah adalah dana desa dan DOB.

Evaluasi atas DOB tentu perlu diperhatikan, disisi lain, daerah yang belum merasakan kenikmatan ber NKRI sebagaimana pidato Bung Karno 71 th silam karena jarak dengan ibu kota yg terlalu luas, postur anggaran yg terlalu langsing, dll juga perlu diapresiasi selama masih dalam jalur NKRI.

#MajunyaDaerahMajunyaNasional
#Sultim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *