Menakar Ibu Kota Negara

Hari ini komunitas Suropati Syndicate mengadakan diskusi bulanan di salah satu taman terbaik ibu kota, Taman Suropati yang hanya berjarak beberapa langkah dengan rumah jabatan RI 2 dan Gubernur DKI. Lokasi ini juga pas karena tepat di depan kantor Bappenas, lembaga yang di PJ kan untuk melakukan riset tentang tema yang dimaksud.

Andrinof Chaniago (Pakar Ekonomi) dan Hendricus A. Simarmata (Pakar Perkotaan UI) diundang untuk memberi gambaran tentang urgensi ibu kota baru tersebut.

Pak Hendricus melihat bahwa kedepan Jakarta bisa di desain menjadi kota khusus untuk jasa dan keuangan yang siap bersaing dengan kota besar lain di dunia. Hal ini juga untuk memperkuat posisi Indonesia di dunia internasional.

Menurut Pak Andrinof Chaniago, gagasan pemindahan kota sudah ada sejak 8 tahun lalu. Bahkan, tiap tahun selalu muncul isu tersebut karena masalah banjir, mudik dan macet. Pak Jokowi telah mengambil langkah maju karena solusi ibu kota diskusinya bukan lagi Jakarta diperbaiki, pilih dekat Jakarta atau Luar Jawa. Langkah Pak Jokowi ke Kalimantan adalah sinyal kuat tentang pilihan yang dimaksud. Sekarang juga sudah ada kajian awal Bappenas.

Berdiskusi dengan PaK Andrianof Chaniago (Mantan Kepala Bappenas RI)

Analoginya, jika ada ruangan 5 meter, diisi 10 orang, kemudian ada 1-3 orang yang keluar, maka akan terasa lebih lega. Demikianlah nanti kondisi Jakarta.

Karena ingin membangun peradaban baru Indonesia, maka kita tidak harus terjebak pada hal administratif. Bisa saja lokasinya lintas kabupaten atau lintas provinsi. Intinya mencari wilayah yang paling aman dari potensi bencana, serta efisien dan efektif untuk didirikan kota baru.

Kota baru ini akan menjadi kota kelas dunia. Kenapa? Karena didesain dari nol sehingga penataannya mempertimbangkan segala aspek. Membangun kota dunia, pada kota yang terlanjur sumpek dan kumuh tentu cukup sulit.

Kota yang memanusiakan manusia adalah syarat menuju republiknya manusia

Salam

www.republikmanusia.com

#feature image: https://seruni.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *