Kesaktian Cinta Sobat Sakti (Doa untuk Sahabat)

Kamis (21 Mei 2015) merupakan hari istimewa dalam hidupmu. Di hari tersebut engkau melibatkan negara dalam cintamu kepada kekasihmu (Sukmawati). Engkau menandatangi suatu surat yang diatur dalam UU No.1 tahun1974 tentang pernikahan.

Semoga hari yang bertepatan dengan hari reformasi Indonesia tersebut juga memberi tetesan semangat bahwa perlu ada reformasi dalam paradigma cinta, termasuk saat berumahtangga. Bahwa “Ikatan Cinta yang tak memberi manfaat bagi state and nation adalah ikatan cinta yang keliru dan tak akan abadi”.  Maka menikahlah atas nama Tuhan dan kaum tertindas. (Lihat: Zul-Winda, Mozaik Cinta: Dari Revolusi Rumah Tangga Menuju Revolusi Sosial, 2013).

Pada hari mulia pernikahanmu tersebut engkau juga sepenuhnya meminta restu Tuhan dalam hubungan cintamu. Engkau memenuhi syarat cinta yang diatur Tuhan. Bahwa kesucian cinta pada ikatan pernikahan, sebagaimana kalimat mulia Tuhan, “Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah.” (QS. Adz Dzariyaat (51) : 49).

sakti

***

Salah satu hal yang sangat istimewa dan sangat jarang terjadi dalam ikatan cinta adalah kesamaan nama kedua orang tuamu dan orang tua kekasihmu yang kemudian juga menjadi orang tuamu. Bapak Amiruddin dan Ibu Hasna adalah dua nama yang mengiringi hidupmu. Sebagaimana status dan format undangan nikahmu di medsos yang menimbulkan banyak pertanyaan “apakah penulisan nama orang tua dalam undangan tersebut tidak salah, kok bisa sama?”.

Di usiamu kini dan fase hidup rumah tanggamu kembali kedatangan dua nama yang mulia tersebut. Semoga kesamaan nama orang tua tersebut selalu menjadi persaksian bahwa Tuhan tak pernah tidur. Ia memantau hambanya yang tulus untuk disambungkan jiwanya kepada jiwa yang tulus pula.  Sebagaimana, Ucapan Suci Tuhan, “Wanita yang baik adalah untuk lelaki yang baik. Lelaki yang baik untuk wanita yang baik pula (begitu pula sebaliknya)” (Qs. An Nur (24) : 26).

***

Sejak 3 tahun yang lalu kita berjuang bersama mendirikan Kampung Bahasa di Sulawesi (FKBS). Suatu tempat belajar bahasa, terutama english untuk semua golongan dengan prinsip perjuangan dan layanan murah, merakyat, berkualitas, berkarakter, dan religius.

Perjuangan kita di FKBS tentu belumlah sampai pada tujuan. Masih banyak hal yang harus disempurnakan. Maka yang menjadi satu pertanyaan kunci kemudian adalah seberapa konsisten pengusung untuk menuntaskan apa yang diusungnya.

sakti 3

Pernikahan sejatinya adalah satu satu bentuk persaksian atas kebesaran Tuhan. Olehnya itu, pernikahan tak boleh menjauhkan pelakunya dari kebaikan. Pernikahan harus membuat pelakunya tak lagi berjalan pada atau menuju kebaikan, tapi harus sudah mampu berlari. Karena dua jiwa cinta telah menyatu.

Yang membuat kita sedih, sering kita melihat kenyataan. Orang yang telah menikah hanya menghabiskan usianya untuk mencari pembeli sesuatu yang akan dimasukkan dalam perutnya, yang kemudian akan dibuang di toilet beberapa waktu setelah dimasukkan di mulut dan dirasakan di lidah.

Banyak cinta yang awalnya suci bermasalah bahkan hancur ketika masuk di fase pernikahan. Mulai dari proses uang mahar yang tak halal, sampai visi cinta yang menjadi super materialistik pasca menikah.

fkbs 777

Doa kami untukmu tentu adalah ikatan cintamu dengan kekasihmu mampu menggelorakan beribu kali semangatmu untuk mengabdi kepada seluruh kaum tertindas dan negeri yang masih menuju 100% merdeka ini. Untuk konteks FKBS, maka core perjuangan kita adalah pendidikan bahasa untuk semua. Kelas gratis bagi sahabat difabel dan kurang mampu dan kelas regular yang murah untuk semua golongan. Itulah cara kongkrit kita di fase pasca kampus (S1) untuk mengkritik dan mengutuk kapitalisasi pendidikan.

Selamat menempuh hidup baru.

Maaf tidak sempat melihatmu langsung di momen bahagiamu di tanah bugis karena agenda yang sulit ditinggalkan di tanah Batavia.

 

Salam hormat kepada calon ibu bagi anak-anakmu kelak.

 

Jakarta, 21 Mei 2015

Zul-Winda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *