Halal Bihalal La Tenritatta Unhas

 

By: Andi Zulkarnain

Keindahan mudik adalah kembali ke rumah kelahiran. Kelahiran dalam makna biologis dan ideologis. Organ Mahasiswa Bone Unhas, Pmb-uh Latenritatta adalah salah satu rumah yang dimaksud.

“Anak Bone di Unhas itu pemimpin organsiasi, juga pemateri. Makanya, jalani proses di organisasi, terus baca buku dan perbanyak diskusi” Ini kalimat dari para senior di Laten, 17 tahun silam.

Narasi mulia dan tinggi tersebut membuat saya bersemangat menjadi ketua panitia bazar, penggerak diskusi pelataran, berkeliling mengikuti LK II di Balikpapan, LK III di Jakarta dan beberapa forum lain mahasiswa tingkat nasional. Itulah tafsir, lao sappa deceng, lisu mappadeceng, saat itu.

Al Fatihah kepada pemilik nama, pendiri organ, dan penjaga marwah organisasi ini di tiap generasi.

Ego primordial dan spirit Arung Palakka, Besse Kajuara, dkk, dijadikan modal untuk mengaktualkan potensi diri dan berbagi energi positif kepada semua, bukan untuk merendahkan kelompok dan suku lain.

Manusia tak bisa memilih lahir dari rahim dan kota mana, makanya menghakimi orang karenanya adalah suatu kesalahan, sejak dalam pikiran.

Kita bisa berbeda pada logat, warna kulit, bentuk mata, dll, namun sejatinya kita adalah cucu dari kakek yang sama, bernama Adam. Makanya, mari berlomba, tapi dalam kebaikan.

Manusia yang memahami dan memuliakan kemanusiaan adalah syarat menuju republiknya manusia

Salam

www.republikmanusia.com

Salamaki
Tabe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *