Berdiskusi Dengan Andi Widjayanto

Mas Andi Widjayanto adalah salah satu aktor penting dalam setting gerakan politik Pak Jokowi. Pada beberapa forum yang saya terlibat, terkait pembekalan tim pemenangan partai pengusung dan relawan, beliau selalu diberi peran untuk memaparkan peta panggung belakang politik dan membangun ideologisasi tim.

Yang khas dari beliau, politik selalu dijalankan dengan penguasaan data yang kuat. Latar beliau yang pernah menjadi dosen PNS UI tentu ikut membangun tradisi ilmiah tersebut.

Di periode awal kabinet Jokowi-JK, Mas Andi sempat tampil di panggung depan politik sebagai Sekretatis Kabinet. Sebelumnya ia aktif sebagai Deputi Tim Transisi yang meracik Kabinet Kerja.

Di salah satu hotel di Jalan Thamrin kemarin, kami bersama tokoh milenial Mas Muhammad Arief Rosyid Hasan, mendiskusikan beberapa hal yang lucu saat pilpres, serta beberapa langkah menuju pelantikan.

Kedepan akan ada beberapa perubahan nomenklatur di kementerian. Tujuannya adalah kerja-kerja mesin pemerintahan lebih terukur, efisien dan efektif agar bisa kompetitif di era yang serba cepat. Sebab, seperti yang pernah dinarasikan Pak Jokowi, bahwa tantangan jaman now, bukan yang besar memakan yang kecil, tapi yang cepat melibas yang lambat.

Kabinet yang memiliki kesadaran kemanusiaan dan ahli di bidangnya adalah syarat menuju republiknya manusia.

Salam

www.republikmanusia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *